head

(Ketua Umum DPP PERMAHI, Andriansyah Tiawarman K, S.H. saat menyampaikan Pemaparan di hadapan 106 Kepala Sekolah SD dan setingkatnya)

(Ketua Umum DPP PERMAHI, Andriansyah Tiawarman K, S.H. saat menyampaikan Pemaparan di hadapan 106 Kepala Sekolah SD dan setingkatnya)

 

Memperingati HARDIKNAS pada tanggal 2 Mei 2016 dengan cara yang sederhana namun memberi makna yang luar biasa merupakan impian bangsa ini. Dalam hal ini PERMAHI ingin mewujudkan impian tersebut melalui Program “Pendidikan Hukum Sejak Dini” saat Rapat Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Sekolah Dasar se Kota Bengkulu. PERMAHi menyadari bahwa kehadiran pendidikan hukum sejak dini saat anak-anak masih di bangku Sekolah Dasar sangat penting dikarenakan anak SD rentan menjadi Objek Kekerasan dan Pelecehan Seksual.

Dewasa ini banyak sekali kasus-kasus kekerasan, pelecehan seksual, bullying antar siswa, dan lain-lain yang semuanya itu memberikan dampak negatif bagi anak-anak dan bukan tidak mungkin bisa merenggut masa depan mereka. Hal senada disampaikan oleh PERMAHI melalui Andriansyah Tiawarman K, S.H. selaku Ketua Umum, “PERMAHI berharap bisa memberikan program sederhana namun nyata dan bermanfaat bagi pendidikan di Indonesia terutama anak-anak yang di masa depan akan menjadi generasi emas penerus bangsa, oleh karena itu kami hadir sebagai abang maupun kakak bagi adik-adik kami untuk memberikan pendidikan hukum sejak dini, bukan berarti harus terkait pasal-pasal, undang-undang, maupun teks tertulis melainkan pendidikan sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, memanggil teman dengan sapaan yang baik, tidak memulai perkelahian dan lain sebagainya”. Andriansyah menerangkan bahwa dalam hal mendidik tidak harus selalu bergelut dengan aturan ataupun hal yang bersifat kontekstual melainkan lebih kepada pendekatan emosional agar kita bisa memahami sikap si anak tersebut.

13103491_1091717867553363_3620663398485364222_nDalam Pemaparan ini PERMAHI didampingi juga oleh Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu yang juga memberikan pemaparan terhadap pendidikan di Kota Bengkulu terutama tingkat Sekolah Dasar. Drs Tahirin Sihombing selaku Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu juga menyampaikan betapa pentingnya pendidikan hukum bukan hanya bagi siswa melainkan juga bagi para guru karena banyak guru yang terjebak kasus hukum padahal mereka tidak memahami apa yang telah mereka perbuat.

Dalam kalimat penutupnya, Andriansyah menyampaikan Impian PERMAHI untuk memberikan Pendidikan Hukum sejak dini kepada seluruh sekolah di wilayah Indonesia melalui cabang yang tersebar di Indonesia. Namun karena keterbatasan SDM dalam hal ini diharapkan Bengkulu bisa menjadi Kota percontohan bagi daerah lainnya. “Kami berharap ini akan menjadi program jangka panjang dan nantinya kami akan mempersiapkan agenda Audiensi dengan Pak Anies Basweden selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ataupun perwakilannya untuk membahas program ini lebih lanjut karena menurut saya HARDIKNAS itu bukan hanya pada tanggal 2 Mei melainkan 24 jam dalam 1 hari, 7 hari dalam seminggu, 30 hari dalam sebulan, dan 365 hari dalam setahun. Artinya Pendidikan itu dijalankan setiap hari mulai kita lahir hingga nanti menutup mata.” pungkasnya.

Kontak Kami
phone 081315226768
email andryantw@gmail.com
Medsos
LINE -
twitter s -
facebook-icon -
instagram -
Kalender
Pengunjung